Breaking News

MEMAKSIMALKAN TANAH PEKARANGAN YANG SEMPIT

PROGRAM CAMAT JATINEGARA DALAM MEMANFAATKAN TANAH PEKARANGAN YANG SEMPIT


Memiliki pekarangan sempit bukan lagi menjadi kendala untuk berkebun. Sebab, kini beragam teknik urban farming terus dikembangankan. Masyarakat perkotaan yang rata-rata pekarangannya sempit bisa berkontribusi besar dalam menghijaukan lingkungan sekitar.

Dengan sistem bertanam hidroponik dinilai dapat mengatasi persoalan warga yang rumahnya kerap kebanjiran. Itulah yang mendorong Camat Jatinegara (Syofian Thahir) yang asli Dompu NTB ini terjun langsung ke tengah masyarakat dalam rangka mensosialisasikan pemanfaatan tanah pekarangan.

seperti di Kelurahan Cipinang Muara, Warganya mulai antusias dengan sistem bertanam hidroponik, makanya jangan heran, jika Anda melintasi daerah ini penataan lingkungannya menjadi rapi, indah dan berseri dan itu memang yang saya harapkan, Kata Syofian.

“Tanaman hidroponik juga bebas banjir, karena bisa disusun vertikal, bisa ditempel di dinding seperti vertical garden, dan bisa juga disusun dalam satu rangkaian yang berdiri sendiri,“

Program ini jauh hari sudah kami lakukan, jadi jangan dikaitkan dengan Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) 2015, jelas Syofian.

Wilayah Jatinegara adalah Wilayah langganannya banjir, itulah yang mendorong kami untuk terus menerus mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan nyatanya dengan program ini hasilnya efektif, pungkas Syofian.

abunawarbima@gmail.com